Tuesday, November 9, 2010

Jenis-jenis Program Bayi Tabung

Jenis-jenis Program Bayi Tabung
Dalam menjalani program bayi tabung, Anda bisa memilih teknik yang disarankan dokter. Berikut dua teknik bayi tabung, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Teknik Fertilisasi in vitro konvensional, yaitu mempertemukan 1 sel telur dengan 50.000 – 100.000 sperma di dalam cawan petri yang berisi medium kultur sehingga terjadi pembuahan.
Kelebihan: cara ini secara teknis lebih mudah dilakukan, tidak ada manipulasi pada sel telur (lebih alami) dan biaya sedikit lebih murah.
Kelemahan: jika ada masalah pada sperma, maka sperma tidak dapat menembus sel telur sehingga pembuahan tidak bisa terjadi.

2. Teknik “Intra Cytoplasmic Sperm Injection” (ICSI), yaitu teknik injeksi dengan cara menyuntikkan 1 sperma langsung ke dalam 1 sel telur sehingga terjadi pembuahan.

Kelebihan:

* Jika suami mengalami kasus Azoospermia (tidak ada sperma yang keluar bersama air mani) atau sperma yang sangat sedikit jumlahnya atau sangat jelek kualitasnya, teknik ini sangat membantu.
* Teknik ini didukung dengan sistem pengambilan sperma langsung dari testis atau teknologi simpan beku sperma (sperma dibekukan dahulu sampai saatnya diperlukan)

Kelemahan: teknik ini lebih sulit karena memerlukan alat khusus yang disebut micromanipulator, sehingga biaya lebih mahal tetapi dapat mengatasi faktor sperma yang ekstrim sekalipun untuk bisa membuahi sel tellish=Terbitkan Entriur.

Teknik mana yang akan Anda pilih? Rajinlah berkonsultasi dengan dokter Anda dan dapatkan saran dokter yang sesuai dengan kondisi Anda.

Alasan Mengikuti Program Bayi Tabung

Alasan Mengikuti Program Bayi Tabung
Walau bayi tabung merupakan upaya terakhir untuk memiliki buah hati, alternatif ini bukanlah suatu proses yang pasti jadi.

Disebut bayi tabung atau Fertilisasi In Vitro, karena pertemuan sel telur dan sperma awalnya dilakukan di dalam tabung kaca berisi medium kultur. Medium ini berupa cairan khusus yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio di laboratorium. Louise Brown lahir dari program bayi tabung konvensional, yaitu program bayi tabung yang dilakukan dengan siklus alamiah.

Tidak ada patokan pasti berapa tahun setelah perkawinan sepasang suami istri harus mengikuti program bayi tabung, jika tak kunjung memiliki anak. Berikut beberapa alasan yang membuat pasangan suami istri memilih mengikuti program bayi tabung
  • Masalah saluran telur. Saluran telur tidak berfungsi dengan baik, atau tidak memungkinkan terjadinya pertemuan antara sel telur dengan sperma, sehingga pembuahan tidak terjadi. Walaupun pembuahan bisa terjadi, kemungkinan embrio tidak masuk ke rongga rahim, sehingga terjadi kehamilan di luar kandungan.
  • Masalah sperma.
    - Jumlah sperma sangat sedikit (<10>
  • Endometriosis berat. Kondisi dimana kelenjar dinding rahim tumbuh abnormal. Pada endometriosis berat, kecil kemungkinan bisa terjadi kehamilan alami.
  • Unexplained infertility (ketidaksuburan yang tak diketahui penyebabnya). Pembuahan normal sebenarnya bisa dilakukan, tapi tidak kunjung berhasil karena tidak bisa diketahui apakah sperma dapat bertemu dengan sel telur, atau sperma dapat menembus sel telur untuk melakukan pembuahan.
  • Antibodi Antisperma. Adanya antibodi terhadap sperma suami pada istri, atau adanya antibodi pada sperma itu sendiri (sperma seperti memakai “helm”, sehingga tidak bisa menembus sel telur), sehingga menghambat terjadinya pembuahan.
Jika Anda mengalami hal tersebut dan ingin segera memiliki anak, mengikuti program bayi tabung bisa dijadikan pilihan.

Si Hantu PCOS

Si Hantu PCOS
Anda sulit hamil dan mengalami haid tidak teratur, jarang atau
perdarahan banyak, tumbuh rambut berlebihan di muka atau badan, berat badan dan jaringan lemak di tubuh bagian atas meningkat, hasil pemeriksaan dokter menunjukkan adanya gangguan metabolisme lemak dan hasil pemeriksaan USG menunjukkan adanya gangguan ovulasi atau pematangan sel telur sehingga sel telur yang ada berukuran kecil-kecil.
Gejala tersebut adalah indikasi gangguan kesuburan Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Merupakan gangguan hormonal, PCOS menyerang 10% perempuan di usia reproduksi 12-45 tahun dan dapat menyebabkan infertilitas sehingga sulit hamil. Itu karena gangguan hormonal akan menghambat proses pematangan sel telur.
Gangguan hormonal pada SPOK biasanya juga menyebabkan peningkatan kadar hormon pria atau androgen dalam konsentrasi rendah. Itu ditandai dengan timbulnya jerawat dan rambut berlebihan. Yang meresahkan, SPOK meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang, seperti diabetes mellitus tipe 2, gangguan toleransi glukosa, dislipidemia, penyakit kardiovaskular dan penebalan lapisan dinding rahim.
Harus Bagaimana?

Masalah utama pada kasus SPOK adalah proses pematangan telur yang terganggu. Ini biasanya berkaitan dengan metabolisme insulin pada tubuh. Prinsip dasarnya adalah bagaimana kita merangsang telur agar dapat matang. Cara paling sederhana adalah dengan olahraga dan diet sehat. Kalau ternyata cara ini tidak berhasil, maka diberikan obat-obatan perangsang telur. Obat-obatan yang digunakan terdapat beberapa golongan dan dosis yang berbeda-beda. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda pula. Kadang-kadang perlu juga dikombinasikan dengan obat anti diabetes. Proses ini biasanya butuh waktu untuk mencari jenis obat dan dosis yang tepat.
PCOS terutama disebabkan oleh gaya hidup dan faktor genetik. Gangguan ini dapat diobati –agar ibu bisa hamil– namun dengan tata laksana menyeluruh, yaitu:
  • Merubah gaya hidup untuk memerbaiki gangguan hormonal.
  • Menurunkan indeks massa tubuh 10% agar dapat memerbaiki pematangan sel telur.
  • Melakukan pengobatan resistensi insulin dengan metformin untuk memerbaiki pematangan sel telur.
Gangguan haid diatasi dengan memerbaiki siklus haid menggunakan metformin, pil kontrasepsi kombinasi atau preparat progestin. Ini penting untuk mencegah penebalan lapisan dinding di dalam rahim.
Infertilitas diatasi, jika telur tetap tidak matang setelah diberikan obat-obatan, pilihannya adalah melakukan laparoskopi ovarian drilling dengan tujuan meningkatkan respon telur terhadap obat yang diberikan, atau langsung ke program bayi tabung.
Pertumbuhan rambut dan jerawat berlebihan diatasi dengan pemberian pil kontrasepsi atau anti androgen.

Tips Sukses Membuat Kue Kering

Tips Sukses Membuat Kue Kering

Membuat kue kering menjelang lebaran dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang dapat mendatangkan keuntungan. Mengapa demikian? Karena menjelang lebaran, kue kering banyak dicari orang untuk dijadikan sebagai menu suguhan untuk para tamu. Oleh karena itu jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kue kering, dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha kue kering dan memasarkannya.

Namun walaupun peluang usaha kue lebaran begitu besar, tidak semua orang bisa membuat kue kering dengan hasil yang berkualiatas. Terkadang bentuknya sudah bagus, namun teksturnya kasar, tidak renyah ataupun kualitas rasanya yang kurang pas. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan kue kering, agar menghasilkan kue kering yang menarik dengan rasa yang enak. Berikut beberapa tips sukses membuat kue kering yang dapat membantu Anda :

1. Pilihlah tepung serbaguna seperti tepung terigu, tepung maizena, ataupun tepung ketan sebagai bahan baku utama. Tetapi tepung yang sering digunakan yaitu tepung terigu. Untuk mendapatkan hasil kue yang renyah, dapat Anda peroleh dengan cara terlebih dahulu menjemur tepung yang akan dipakai atau bisa juga dengan sangrai tepung terlebih dahulu agar lebih kering.
2. Untuk penggunaan mentega, usahakan pilih mentega yang tidak asin, jangan gunakan mentega yang terlalu dingin karena membuat udara tidak dapat masuk. Selain itu hal yang harus diperhatikan yaitu jangan mengocok mentega terlalu lama, agar adonan tidak terlalu lembek sehingga susah dicetak.
3. Jika ingin menghasilkan kue kering yang empuk, gunakan kuning telurnya saja. Sedangkan untuk putih telurnya dapat digunakan untuk mengolesi permukaan kue, agar terlihat mengkilap.
4. Dalam penggunaan gula, sebaiknya pilih gula halus dibanding gula pasir. Penggunaan gula halus akan menghasilkan kue dengan tektur yang lembut.
5. Gunakan teknik yang benar dalam mengaduk adonan kue, lebih baik gunakan sendok kayu untuk mengaduknya. Jangan terlalu lama mengaduk adonan, agar tidak lembek. Jika sudah terlanjur lembek, jangan tambahkan tepung namun bungkus adonan dengan plastik dan simpan dalam lemari es.
6. Jika adonan sudah siap dicetak, cetak diatas loyan. Kemudian atur hasil cetakan diatas loyang dan berikan jarak antar kue. Sehingga kue dapat mengembang dengan baik dan tidak menempel dengan kue sebelahnya.

Selain beberapa tips diatas, untuk memperoleh hasil kue kering yang enak dan menarik dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam proses produksi. Sekian informasi tips membuat kue kering yang dapat kami samapaikan. Semoga dengan adanya tips membuat kue kering, dapat membantu Anda yang sedang mencoba usaha kue. Salam sukses

Info terkait :

- Brownies dari tepung singkong

- Bisnis snack dan kue dari dapur sendiri

- Bisnis suplier makanan ringan dan kue

- Peluang Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

Peluang Bisnis Camilan Kacang

Peluang Bisnis Camilan Kacang

Kacang tanah yang kaya akan lemak, mengandung protein tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Kacang tanah ini, mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue. (Wikipedia).

Salah satunya dari sekian banyak olahan kacang tanah adalah kacang sembunyi ini. Mungkin kacang sembunyi masih terdengar asing ditelinga sebagian orang. Belum dapat dipastikan makanan renyah ini berasal dari mana, di beberapa daerah di Indonesia kita dapat menemukan makanan yang unik ini dengan rasa manis atau gurih.

Kacang sembunyi merupakan makanan ringan berbahan dasar kacang tanah dan tepung terigu, namun memiliki cita rasa yang nikmat dan sangat cocok untuk camilan saat santai Anda. Namanya saja sembunyi, so pasti banyak di cari. Kini penggemar kacang sembunyi hampir merata disetiap kalangan. Namun untuk produksinya masih sangat sedikit, apalagi akan banyak permintaan saat menjelang Idul Fitri atau perayaan hari besar lainnya tiba. Inilah peluang bisnis anda.

Seperti Ali Mundhofar ini, yang mulai kebanjiran permintaan kacang sembunyi sejak awal Ramadhan. Jika Ramadhan tiba omsetnya dapat mencapai 10x lipat. Peluang bisnis camilan kacang ini dirintis sejak tahun 2001, memulai usaha dengan peralatan yang masih sangat sederhana dan manual yang dikerjakannya sendiri dan dibantu oleh istrinya. Dalam memasarkan produknya, ayah dua putri ini menawarkannya sendiri dari toko ke toko. Yang awalnya hanya mampu dipasarkan di Jepara saja, kini dapat merambah hingga kota sekitar seperti Kudus dan Pati. Yang membedakan kacang sembunyi buatannya dengan kacang sembunyi yang lain adalah rasanya yang khas, manis, renyah dan yang pasti enak. Produk yang diberi brand Rani Kacang Sembunyi ini, berasal dari nama istrinya. Ia dedikasikan karena istrinyalah yang membantu dan mendukung usahanya tersebut dari nol hingga saat ini.

Analisis EkonomiModal awalPeralatan masak(3 penggorengan, sutil, tampah, peniris dll.) Rp 2.000.000,.Peralatan produksi3 Kompor gas Rp 450.000,.Pengaduk tepung (rakitan sendiri) Rp 2.500.000,.Mesin penipis adonan Rp 2.500.000,.Sealer Rp 350.000,.Bahan baku awal Rp 500.000,.Sepeda motor roda 3 Rp 11.000.000,.+Jumlah Rp 19.300.000,.Biaya operasional / bulanPembelian bahan baku(Rp 400.000,. x 30 hari) Rp 12.000.000,.Gas elpiji 3kg (Rp 13.500,. x 15) Rp 202.500,.Gaji karyawan 5 orang @ Rp 350.000 Rp 1.750.000,.Plastik kemasan Rp 100.000,.Transportasi Rp 180.000,.Lain-lain Rp 100.000,.+Jumlah Rp 14.332.500,.

PemasukanOmset / bulan(30kg x @Rp 32.000,. x 30 hari ) Rp 28.800.000,.

Laba bersih / bulan(Rp 28.800.000,. – Rp 14.332.500,.) Rp 14.467.500,.

BEP(Rp 19.300.000,. : Rp 14.467.500,.) = < 2 bulan

Sumber gambar: tim bisnisUKM

Ramainya Peluang Bisnis Baju Muslimah

Ramainya Peluang Bisnis Baju Muslimah

Berbekal dengan adanya kewajiban para muslimah untuk menutup aurat, ternyata dapat dijadikan sebagai prospek bisnis yang sangat bagus. Salah satu peluang bisnis yang dapat dijalankan yaitu mencoba bisnis baju muslimah. Saat ini bisnis baju muslimah telah banyak dilirik para wanita, karena bisnis tersebut menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Selain memberikan keuntungan yang cukup besar, bisnis baju muslim juga memiliki target pasar yang cukup jelas. Sehingga para pelaku usaha tidak terlalu sulit menawarkan produk baju muslimah.

Konsumen

Sasaran pasar untuk bisnis baju muslimah yaitu khusus bagi para wanita muslim, dan seluruh wanita pada umumnya. Saat ini minat konsumen akan baju muslimah cenderung meningkat, karena desain baju muslim sekarang mengikuti perkembangan mode fesyen yang terus berputar. Model yang dihasilkan jadi lebih modis dan nyaman dipakai. Sehingga baju muslimah yang biasanya sangat ramai dicari para konsumen pada bulan ramadhan ataupun menjelang lebaran, juga tetap ramai dicari konsumen pada hari – hari biasa.

Produk

Dalam menjalankan bisnis baju muslimah, kualitas produk menjadi jaminan utama bisnis tersebut. Sesuaikan produk yang kita miliki dengan tren yang beredar di pasaran saat ini, karena desain yang menarik dan mengikuti tren terbaru banyak diminati para konsumen. Sehingga para pelaku usaha sebaiknya memiliki pengetahuan desain, perkembangan mode, dan tren warna yang diminati pasar.

Jika Anda belum dapat memproduksi sendiri, berikut kami berikan informasi mengenai beberapa tempat pusat kulakan baju muslimah dengan harga murah dan koleksi yang cukup lengkap, yaitu di daerah Kawalu( Tasikmalaya ), Soreang ( Bandung ), atau di daerah Tanah Abang ( Jakarta ).

Peluang Bisnis

Ramainya peluang bisnis baju muslimah, membuat persaingan bisnis di bidang tersebut cukup tinggi. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mencari peluang usaha di bidang tersebut. Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat memproduksi sendiri baju muslimah yang akan Anda pasarkan. Namun jika Anda belum memiliki modal yang cukup, selain mencari langsung barang dagangan ke pusat grosir, Anda juga dapat menjadi agen dari produk baju muslimah yang telah memiliki brand. Misalnya saja menjadi agen baju muslimah dengan brand yang cukup terkenal seperti Dannis, Rabbani, Permata, Taaj, Pasmira, Shabrina, Shasmira, Sik Clothing, dll. Biasanya brand yang telah terkenal memberikan potongan harga bagi para agennya, mulai dari 10% hingga 50%.

Analisa ekonomi
Misalnya : mengambil contoh menjadi agen baju muslimah “ Sik Clothing ”

Modal awal
Pembelian produk awal ( minimal 20 pcs )
Dengan rata – rata harga Rp 85.000,00 / pcs
( Rp 85.000,00 x 20 pcs ) = Rp 1.700.000,00

Laba / satu kodi
Laba untuk sik clothing : 25 % untuk tiap pcs
( Rp 85.000,00 x 25% ) x 20 pcs = Rp 425.000,00

Info terkait :

- Mengawali Bisnis dengan Fashion Murah
- Sukses Memulai Bisnis Distro
- Perempuan Bergaya bisa Berkarya
- Peluang Usaha Butik Muslimah

Cara Sukses Bisnis Parcel Lebaran

Cara Sukses Bisnis Parcel Lebaran

Menjelang perayaan lebaran, masyarakat mulai mencari keperluan untuk memeriahkan hari lebaran. Dari mulai baju lebaran, kue kering lebaran, hingga parcel lebaran banyak dicari orang menjelang hari raya. Budaya saling mengirimkan parcel lebaran ternyata dapat mendatangkan untung bagi para pelaku usaha bisnis parcel. Omset yang diperoleh pun dapat meningkat bahkan hingga mencapai 100% menjelang hari raya tiba.

Konsumen

Target utama bisnis parcel lebaran adalah masyarakat umum yang merayakan hari raya Idul Fitri. Namun masyarakat umum juga dapat menjadi sasaran pasar bisnis tersebut, dengan adanya budaya mengirimkan parcel kepada saudara dan kerabatnya pada saat peringatan hari raya. Selain masyarakat individu, bisnis parcel lebaran juga menjadikan perusahaan – perusahaan swasta sebagai target pasar yang memiliki prospek pasar cukup besar. Karena biasanya perusahaan swasta memberikan bingkisan parcel lebaran kepada para karyawannya.

Produk

Kebanyakan parcel lebaran berisi makanan ringan dan minuman kemasan, namun seiring dengan berjalannya waktu kini parcel lebaran variasinya mulai meningkat berisi perabot rumah tangga seperti barang pecah belah. Harga parcel lebaran yang ada di pasaran juga bervariasi, dari mulai puluhan ribu bahkan ada pula yang mencapai harga hingga juataan rupiah, itu semua tergantung dengan ukuran dan isi parcel yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Umumnya satu bingkisan parcel lebaran berisi berbagai macam barang, berkisar antara 1 sampai 20 macam barang yang berbeda. Sebaiknya dalam memilih produk yang dijadikan sebagai isi parcel, perhatikan pula kualitasnya. Misalnya jika memilih parcel makanan atau minuman, sebaiknya perhatikan tanggal kadaluarsanya, agar tidak mengecewakan konsumen. Sedangkan untuk parcel yang berisi perabot, pilihlah perabot dengan teliti jangan sampai ada perabot yang cacat atau rusak.

Proses Packing

Biasanya parcel lebaran dibungkus dan dihias, untuk mempercantik penampilan parcel tersebut. Parcel lebaran dapat dikemas dengan menggunakan keranjang, atau kardus yang sudah di desain dengan tema lebaran. Untuk mempercantik kemasan, ditambahkan pula hiasan seperti pita, kartu ucapaan, hiasan seperti ketupat kecil yang identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri.

Pemasaran

Untuk pemasaran bisnis paket lebaran, dapat dicoba dengan cara – cara berikut :

1. Memasarkan langsung, kepada rekan – rekan dekat Anda. Atau dapat juga memasarkan secara door to door untuk wilayah sekitar rumah Anda
2. Dapat juga dipasarkan dengan cara menitipkan produk parcel Anda, ke beberapa toko atau supermarket yang menjual paket parcel lebaran
3. Cara yang ketiga yaitu dengan menawarkan paket parcel Anda ke perusahaan swasta, coba tawarkan melalui manajemennya. Agar Anda dapat membantu menyediakan parcel lebaran untuk semua karyawan perusahaan tersebut
4. Cara yang keempat yaitu dengan memasarkannya melalui internet. Jangkauan internet yang luas, dapat membantu Anda memesarkan paket parcel lebaran hingga mencakup pesanan dari berbagai daerah.

Analisa Ekonomi

Misal dengan memproduksi sebanyak 100 paket parcel lebaran

Modal Awal
- Syrup botol @ 14.000,00 x 100 buah Rp 1.400.000,00
- Minuman kaleng @ 5.000,00 x 100 buah Rp 500.000,00
- Snack kaleng @ 15.000,00 x 100 buah Rp 1.500.000,00
- Kue kering 2 toples @ 20.000,00 x 2 x 100 Rp 4.000.000,00
- Biscuit kemasan @ 8.000,00 x 100 buah Rp 800.000,00
- Permen 1 kaleng @ 8.000,00 x 100 buah Rp 800.000,00
- Susu kental manis @ 7.000,00 x 100 buah Rp 700.000,00
- Keranjang hias @ 20.000,00 x 100 buah Rp 2.000.000,00
- Kartu ucapan @ 2.000,00 x 100 buah Rp 200.000,00
- Plastik dan pita hias Rp 300.000,00+
Total Rp 12.200.000,00

Biaya Operasional
- Transportasi Rp 100.000,00
- Tenaga kerja 1 orang @ 700.000,00 Rp 700.000,00
- Biaya promosi Rp 100.000,00+
Total Rp 900.000,00

Omset
Penjualan 100 parcel
( @ Rp 150.000,00 x 100 buah ) Rp 15.000.000,00

Laba Bersih
( Rp 15.000.000,00 – Rp 13.100.000,00 ) Rp 1.900.000,00

Semoga dengan informasi cara sukses bisnis parcel lebaran, dapat dijadikan sebagai peluang usaha musiman menjelang lebaran. Masih ada waktu untuk memuai bisnis parcel. Salam sukses.

Info terkait :
- Peluang Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran
- Menyalurkan hoby dengan berbisnis aneka kue
- Ramainya peluang bisnis baju muslim
- Semarak bisnis lebaran

Sumber gambar : http://adiabelshop.blogspot.com/2008/09/parcel-makanan.html dan http://wb7.itrademarket.com/pdimage/32/963132_p3.jpg

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

Belakangan ini kaum muda seperti para mahasiswa banyak yang ingin terjun ke dunia bisnis. Kreatifitas dan ide – ide bisnis yang cemerlang banyak bermunculan dari mereka yang rata – rata masih berusia muda. Beberapa pengusaha muda yang masih menjadi mahasiswa telah menunjukan kesuksesan mereka dalam membuktikan kemandirian mereka.

Namun yang sangat disayangkan, tidak semua mahasiswa memiliki keyakinan dan keberanian yang sama untuk mencoba peluang bisnis yang ada. Masih banyak dari mahasiswa yang lebih memilih bekerja partime sebagai karyawan direstoran, warnet ataupun mengikuti event – event tertentu yang membutuhkan karyawan dibanding mencoba menjalankan sebuah usaha. Mereka masih berpikiran bahwa menjalankan bisnis akan mengganggu kuliah yang sedang ditempuhnya. Padahal sebenarnya banyak bisnis sampingan yang dapat dijalankan para mahasiswa tanpa mengganggu jadwal perkuliahan yang mereka tempuh.

Selain itu kepikiran dengan jadwal yang bertabrakan, para mahasiswa juga selalu menggunakan alasan belum memiliki modal besar untuk menjalankan usahanya. Sebenarnya banyak peluang usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal besar, berikut ini beberapa contoh peluang bisnis untuk mahasiswa yang dapat dicoba rekan – rekan yang sedang mencari usaha :

1. Bisnis jasa terjemahan bahasa
Bagi mahasiswa yang memiliki keahlian bahasa dapat mencoba bisnis jasa terjemahan bahasa baik online maupun offline. Jasa terjemahan masih banyak dicari para rekan mahasiswa lainnya dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Anda dapat memulai bisnis ini mulai dari lingkungan teman sesama mahasiswa.

2. Bisnis online
Salah satu bisnis yang bisa dicoba para mahasiswa adalah peluang bisnis online. Karena bisnis ini tidak membutuhkan modal besar, karena hanya memerlukan laptop atau computer dan jaringan internet yang sudah menjadi bagian dari mahasiswa. Selain itu bisnis online juga memiliki waktu kerja yang fleksibel, mereka dapat menjalankan bisnis tersebut setelah pulang dari kuliah.

3. Bisnis pulsa elektrik
Bisnis pulsa elektrik juga sering dijadikan sebagai bisnis sampingan para mahasiswa. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya conter pulsa berjalan dikalangan para mahasiswa, hanya dengan menggunakan satu chip mereka sudah dapat melayani permintaan pulsa untuk semua provider. Bisnis ini juga memiliki prospek bagus, karena permintaan pulsa paling tinggi berasal dari para anak muda termasuk para mahasiswa.

4. Bisnis yang sesuai dengan hobi
Dari sekedar hobi yang ditekuni para mahasiswa ternyata dapat juga menghasilkan keuntungan jika diseriusi menjadi sebuah usaha. Misalnya saja banyak mahasiswi yang hobi berkreasi dengan pernak – pernik maupun aksesoris wanita serius menekuni hobinya hingga membuat sebuah butik aksesoris. Contoh lainnya yaitu bagi para mahasiwa jurusan elektronik yang memiliki hobi utak – atik memperbaiki alat elektroniknya, dapat menekuninya dengan membuka bisnis jasa servis alat elektronik. Selain contoh bisnis diatas, masih banyak lagi peluang bisnis untuk mahasiswa yang dapat dijalankan.

Kunci Sukses

Hal yang perlu diingat para mahasiswa saat mereka mencoba sebuah usaha adalah keseriusan dalam menjalankan usahanya. Sebelum menjalankan usaha yang diinginkan, sebaiknya tentukan pembagian jadwal antara kuliah dengan menjalankan bisnis. Sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak hanya diseriusi saat waktu luang saja.

Setelah menemukan pembagian jadwal yang tepat bagi Anda dan bisnis yang akan dijalankan, sebaiknya pilih peluang usaha yang sesuai dengan minat atau bakat Anda. Jadi Anda dapat menikmati bisnis yang Anda tekuni dan tidak merasa memperoleh tambahan beban dari bisnis tersebut. Carilah informasi tentang semua hal yang bersangkutan dengan bidang bisnis yang akan dijalankan, dari mulai peralatan yang dibutuhkan, besar modal yang harus disiapkan, serta tentukan target pasar dari usaha Anda.

Banyak bisnis yang dapat dijalankan rekan – rekan yang masih berstatus sebagai mahasiswa, semoga dengan beberapa contoh usaha yang telah dibahas dapat dijadikan sebagai ide bisnis bagi para mahasiswa. Saatnya yang muda yang mulai berkarya dengan usahanya. Selamat mencoba dan salam sukses.

Info terkait :

- Bisnis pulsa elektrik menjadi usaha yang menarik

- Dari sekedar hobi menjadi bisnis yang menguntungkan

- Jasa terjemahan, bisnis yang mudah untuk dijalankan

Sumber gambar : http://jawabanpasti.com/wp-content/uploads/2010/02/bisnis-untuk-mahasiswa.jpg dan http://www.peluangusaha.web.id/2009/12/peluang-usaha-peluang-bisnis-bagi.htm

Aksesoris Wanita Peluang Bisnis Mahasiswa

Aksesoris Wanita Peluang Bisnis Mahasiswa

Kreatifitas para mahasiswa yang selalu fresh dan unik, ternyata dapat menjadi modal utama untuk memulai sebuah usaha. Hal ini pula yang menjadi menjadi modal utama Eka dan Mira untuk membuka butik aksesoris wanita dengan brand “DANTE”. “Berawal dari rasa bosan melihat aksesoris wanita Jogja yang modelnya itu – itu saja, saya iseng membuat aksesoris sendiri dari model – model yang ada di majalah. Eh ternyata malah bisa jadi bisnis sampai sekarang”, ujar Eka ketika ditanya tim BisnisUKM di butik miliknya.

Bisnis wanita muda ini dimulai sejak duduk di bangku kuliah. Mereka memulai usahanya pada tahun 2003 dengan berjualan di “ Sunmor ” alias Sunday morning pasar tiban yang ada di komplek kampus Universitas Gajah Mada setiap hari minggu pagi. Produk yang ditawarkan merupakan hasil kreasi mereka sendiri, dari mulai gelang, kalung, anting, dan bros. Ternyata produk mereka diterima oleh pasar dan laris manis setiap minggu pagi di pasar sunmor tersebut. Setelah dua tahun pun akhirnya mereka berhasil mengumpulkan modal untuk menyewa tempat di ruko kuningan yang masih berada di komplek UGM.

Konsumen

Konsumen produk aksesoris wanita sudah bisa ditebak, kebanyakan adalah para wanita baik pelajar, mahasiswi, maupun para ibu yang gemar menggunakan aksesoris wanita. Maka tak heran jika setiap hari butik Dante selalu dipenuhi dengan para wanita yang saling berburu aksesoris cantik buatan mahasiswi Universitas Sanata Dharma ini.

Info Produk

Saat ini bisnis butik aksesoris Dante telah mengembangkan produknya dari yang dulunya memproduksi kalung, gelang, anting dan bros saja kini telah dilengkapi dengan memproduksi bando yang lucu – lucu, handband, serta beberapa tas wanita cantik. Untuk pembelian bahan baku produk, Eka dan Mira sengaja mencarinya sampai ke luar kota, untuk memperoleh model bahan yang lebih bervariasi.

Peralatan yang biasa digunakan untuk memproduksi aksesoris wanita ternyata tidak terlalu banyak, dan semuanya mudah ditemukan. “ Kalo untuk peralatannya simpel aja ko mba, hanya butuh gunting, tang kecil, kawat, paku dan lem aja. Tapi yang susah itu nemuin kreatifitas buat desainnya” jawab Eka ketika ditanya alat yang dibutuhkan untuk membuat aksesoris.

Semakin ramainya permintaan produk dari para konsumennya, membuat dua kakak beradik ini menambah tenaga kerja untuk menjalankan bisnisnya. Dante memiliki 2 karyawan tetap dan 1 orang tenaga freelance untuk meningkatkan hasil produksi.

Sedangkan harga aksesoris yang diproduksi Dante dipatok dengan harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa, dari mulai harga Rp 10.000,00 sampai Rp 25.000,00. Omset yang diperoleh pun kini sudah pantas untuk dibanggakan, setiap harinya butik Dante mampu menghasilkan omset kurang lebih 1,5 juta. Bayangkan saja berapa omset yang diperoleh mahasiswi ini setiap bulannya. Ternyata aksesoris wanita peluang bisnis mahasiswa sangat menguntungkan pemiliknya.

Pemasaran

Untuk pemasaran, butik Dante mulai menggunakan jaringan internet untuk mempromosikan produknya. Pemesanan melalui toko online pun sudah berdatangan setiap harinya. Selain itu Dante juga menggunakan spanduk besar untuk mempromosikan tokonya, yang buka setiap hari selasa sampai hari sabtu mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB. Dan khusus untuk hari minggu buka lebih pagi dari pukul 07.00 untuk memanfaatkan konsumen pasar tiban sunmor di UGM.

Kunci Sukses

Untuk menjaga kelangsungan bisnisnya, Eka dan Mira selalu mencoba untuk menghasilkan desain aksesoris dengan kreatifitas baru dan unik. Sehingga para konsumen tidak cepat bosan dengan produk Dante. Disamping itu untuk menjalankan bisnis aksesoris, sebaiknya kita jeli melihat minat pasar untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk Dante yang desainnya selalu mengikuti model baru.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Sewa tempat /th 2005 Rp 7.500.000,00
Renovasi tempat usaha & display Rp 2.000.000,00
Alat ( gunting, lem, tang, kawat, paku, dll )Rp 500.000,00
Stock awal barang Rp 5.000.000,00+
Total Rp15.000.000,00
( penyusutan alat selama 2 tahun : 1/24 x Rp 500.000,00
= Rp 20.800,00/bulan )

Omset per bulan
Omset per bulan dengan operasional usaha 26 hari, hari senin Dante libur.
Omset per bulan : Rp 1.500.000,00 x 26 hari = Rp 39.000.000,00

Biaya Operasional
Belanja stock barang Rp 20.000.000,00
Sewa tempat th 2010 Rp 10.000.000,00/th
Per bulan Rp 10.000.000,00 : 12 = Rp 840.000,00
Gaji karyawan
Pegawai tetap : @ Rp 750.000,00 x 2 = Rp 1.500.000,00
Tenaga freelance 1 orang Rp 450.000,00
Biaya Promosi Rp 300.000,00
Biaya listrik Rp 200.000,00
Biaya Transportasi / bulan Rp 500.000,00
Penyusutan alat / bulan Rp 20.800,00+
Total Rp 23.810.800,00
Laba bersih per bulan
Rp 39.000.000,00 – Rp 23.810.800,00 = Rp 15.189.200,00

“ Gak sulit ko dapetin laba puluhan juta, kalo kita udah punya niat yang kuat, mental berani merugi, dan tau usaha apa yang ingin dijalankan. Semuanya pasti bakal mudah ” tips tersebut menjadi akhir dari liputan kami ke butik Dante milik Eka dan Mira. Jika mereka bisa menghasilkan keunutungan puluhan juta, mengapa Anda tidak??? Salam sukses.

Info terkait :
- Peluang bisnis untuk mahasiswa
- Skin laptop menjadi ide bisnis mahasiswa
- Aksesoris wanita makin laris
- Motivasi berwirasaha di kalangan mahasiswa

Meraup Omset Puluhan Juta dengan Es krim

Meraup Omset Puluhan Juta dengan Es krim

Salah satu usaha minuman yang banyak diminati konsumen adalah menu es krim. Salah satu hasil olahan dari susu ini memiliki sensasi rasa yang disukai banyak orang. Tidak hanya anak – anak saja yang menyukai es krim, kini dengan adanya inovasi yang terus berkembang es krim mampu dikreasikan menjadi menu minuman yang enak, lezat dan sehat.

Beberapa waktu yang lalu tim BisnisUKM berkesampatan untuk meliput langsung tempat produksi “YOGYA” es krim yang telah berhasil meraup omset puluhan juta dengan es krim. Mirza Akbar pemuda berusia 23 tahun ini telah sukses menciptakan terobosan baru di bidang usaha minuman, khususnya olahan es krim.

Usaha YOGYA es krim mulai dirintis Mirza yang saat ini masih menuntut ilmu di Fakultas peternakan Universitas Gajah Mada ini sejak 14 April 2008. Ide bisnis ini diperoleh Mirza saat dia mengikuti praktikum utuk mata kuliah teknologi hasil pangan, saat itu materi yang dipraktekan yaitu pengolahan susu sapi menjadi es krim. Dari situ Mirza berpikir bahwa ini sebuah peluang bisnis yang sangat berpotensi, dan Ia pun mulai mengumpulkan modal untuk menjalankan bisnis es krim.

Konsumen

Mulanya produk es krim Mirza hanya ditujukan untuk mahasiswa yang ada di lingkungan fakultas peternakan saja, namun setelah mencoba memasarkannya selama 3 bulan ternyata minat pasar sangat bagus. Kini konsumen YOGYA es krim lebih luas, dari mulai anak – anak di sekolah hingga remaja, dan orang tua dapat menikmati YOGYA es krim di beberapa outlet Jogja Chicken dan Warung Steak.

Info Produk

Mirza memilih nama YOGYA sebagai brand produk miliknya karena usaha ini mulai dirintisnya sejak Ia kuliah di kota Jogja. Kerja keras dan perjuangannnya membangun usaha tersebut hingga dikenal seperti sekarang semuanya berawal dari kota Jogja, oleh karena itu Mirza mengabadikan nama kota Jogja sebagai merek produknya.

Produk hasil buatan YOGYA es krim 90% terbuat dari susu sapi murni, dan 10% nya campuran gula. Saat ini YOGYA es krim telah memiliki sekitar tujuh produk dengan berbagai macam varian rasa dan ukuran. Dari mulai rasa cokelat, vanilla, strawberry dengan wadah cup, sampai ke produk inovasi es krim dengan bahan lainnya seperti menu banana split, Sundae es krim, Floata de coco, serta produk es krim dalam ukuran liter yang biasa di pesan untuk acara – acara tertentu.

“ Untuk harga paling murah Rp 1.500,00 ukuran cup kecil, sedangkan untuk menu seperti banana split, dan floata de coco saya beri harga Rp 5.000,00. Ya saya sesuaikan dengan kantong pelajar dan mahasiswa lah mas.” ujar Mirza dengan senyum ramahnya.

Kelebihan Usaha

Usaha es krim masih diminati konsumen sampai kapan pun, oleh karena itu untuk memulai usaha es krim tidaklah sulit karena minat konsumen masih besar dan peluang pasarnya pun masih luas. Selain itu kemudahan untuk memasarkan es krim juga menjadi salah satu kelebihan usaha ini, hanya dengan menitipkan freezer ke beberapa tempat yang ramai Anda sudah dapat memperoleh keuntungannya tanpa menjalankan langsung usaha Anda.

Kekurangan Usaha

Seperti usaha lainnya, bisnis es krim juga memiliki kekurangan dan resiko kerugian. Karena bisnis ini mengandalkan freezer untuk mengawetkan produknya, jika mati lampu freezer tidak dapat difungsikan dan es krim akan mencair. Permasalahan ini sering kali menyebabkan rusaknya penampilan bentuk asli es krim.

Pemasaran

Untuk pemasaran usaha bisnis ini terbilang tidak terlalu susah, karena es krim banyak dicari para konsumen. “ Pemasaran YOGYA es krim, saya menitipkan 15 freezer di beberapa tempat ramai seperti di Taman Pintar, dan beberapa sekolah yang ada di kota Jogja. Selain itu saya juga mensuplay stock es krim di 15 outlet Jogja Chicken, serta 6 outlet Warung Steak.” terang Mirza saat ditanya pemasaran usahanya.

Selain itu Mirza juga memasarkan es krimnya dengan cara yang cukup unik, Ia menyediakan layanan paket “Sundae es krim” yang bisa ditempeli dengan brand instansi ataupun gambar lainnya yang menjadi permintaan konsumen.

Tanpa memasang iklan pun, usaha YOGYA es krim sudah menjadi langganan bagi para pemburu berita dari media elektronik, media cetak, hingga media online yang tertarik meliput usaha pemuda kelahiran Jakarta tersebut.

Kunci Sukses

Kesuksesan Mirza untuk menjalankan bisnisnya membutuhkan kerja keras yang tidak mudah, selain itu Mirza juga selalu fokus dengan usaha yang akan dijalankannya. Sukses membuka usaha es krimnya, pengembangan usaha pun selalu menjadi pekerjaan rumah selanjutnya bagi Mirza. Pengembangan variasi menu dan rasa, serta memerluas pasar YOGYA es krim sampai ke tingkat nasional menjadi motivasi besar bagi Mirza untuk selalu membesarkan usahanya. “ Kuncinya adalah jangan banyak alasan untuk memulai usaha, karena adanya alasan hanya akan menghambat kesuksesan Anda.” pesan Mirza di akhir liputan tim BisnisUKM.

Analisa Ekonomi

Modal Awaal
Mesin Soft Es Krim Rp 28.000.000,00
Freezer Rp 1.000.000,00
Bahan baku awal Rp 1.000.000,00+
Total Rp 30.000.000,00
( Biaya penyusutan alat selama pemakaian 3 tahun
= 1/36 x Rp 30.000.000,00 = Rp 833.300,00 )

Biaya Operasional per bulan
Bahan baku (susu murni 240 liter, gula, dll)2 juta / hari
Rp 2 juta x 30 hari Rp 60.000.000,00
Sewa tempat Rp 25.000.000,00 / tahun
( Rp 25.000.000,00 : 12 bulan ) Rp 2.083.300,00
Gaji 3 karyawan
( @ Rp 700.000,00 x 3 orang ) Rp 2.100.000,00
Biaya listrik Rp 1.000.000,00
Biaya Transportasi & Promosi Rp 500.000,00
Biaya penyusutan alat Rp 833.300,00+
Total Rp 66.516.600,00

Omset per bulan
Omset per bulan dari semua 15 outlet Jogja Chicken,
6 outlet Warung steakdan 15 freezer yang
tersebar di beberapa tempat = Rp 80.000.000,00

Laba bersih per bulan
(Rp 80.000.000,00 – Rp Rp 66.516.600,00) Rp 13.483.400,00

Semoga dengan adanya liputan lensa bisnisUKM tentang bisnis minuman yang beromset besar dapat menjadi inspirasi bisnis bagi Anda. Salam sukses.

Info terkait :
- Untung besar dari usaha minuman
- Kreasi susu kedelai menjadi es krim
- Mengkreasikan es krim dari tela
- Bisnis sampingan es krim ubi jalar
- Rujak es krim buatan sendiri

Sumber gambar : Tim BisnisUKM